Vlinder Papua

By Yayasan Vlinder Papua 24 Jan 2020, 13:47:35 WIBArtikel

Informasi Populer

Informasi Terkait

Yayasan Vlinder Papua merupakan suatu wadah kegiatan masyarakat yang mengarah kepada penanganan penyakit kusta melalui strategi pelayanan yang bersifat promosi, preventif, kuratif dan rehabilitative dalam pemberdayaan social penderita kusta. Penyakit kusta merupakan salah satu penyakit menular yang menimbulkan masalah yang sangat kompleks. Masalah yang dimaksud bukan hanya dari segi medis tetapi meluas sampai masalah sosial, ekonomi, budaya, keamanan dan ketahanan sosial.

Penyakit kusta sampai saat ini masih ditakuti masyarakat, keluarga termasuk sebagian petugas kesehatan. Hal ini disebabkan masih kurangnya pengetahuan/pengertian, kepercayaan yang keliru terhadap kusta dan cacat yang ditimbulkannya sehingga tingkat stigma dan diskriminasi tinggi pada penderita kusta di kalangan masyarakat.

Penyakit kusta pada umumnya terdapat dinegara – negara yang sedang berkembang, sebagai akibat keterbatasan kemampuan Negara tersebut dalam memberikan pelayanan yang memadai dalam bidang kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan social ekonomi pada masyarakat. Distribusi kusta menyebarluas keseluruh dunia, World Health Organization (WHO) mencatat jumlah kasus baru kusta di dunia pada tahun 2011 adalah sekitar 219.075. Dari jumlah tersebut paling banyak terdapat di regional Asia tenggara (160.132) di ikuti regional Amerika (36.832), regional Afrika (12.673), dan sisanya berada diregional lain didunia.

Untuk situasi kusta di wilayah Indonesia, menurut WHO pada tahun 2011 Jumlah kasus baru yang ditemukan 20.023 dan jumlah kasus kusta terdaftar pada awal tahun 2012 adalah 23.169. Sementara itu kasus kusta diwilayah Kabupaten Biak Numfor setiap tahun berkisar 150-200 kasus baru dan terus meningkat mulai dari tahun 1990 ditemukan kasus baru sebanyak 117 penderita dengan istimasi 80 kasus PB barudan 37 kasus MB baru, pada tahun 2011 angka penderita kusta baru kian meningkat tajam dengan jumlah 273 penderita kusta baru yang terdiri dari 140 kasus kusta PB dan 133 kasus kusta MB dan diantaranya sekitar 32,6% penderita kusta adalah anak - anak.  Data ini terus meningkat dengan seiringnya peningkatan pelayanan deteksi dini kasus kusta di puskesmas.  Data terakhir tahun 2017 Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor didapatkan jumlah kasus baru kusta yang ditemukan sebanyak 155 kasus baru dan diantaranya kasus anak38 (24,5%) artinya proses penularan kusta masih sangat tinggi di masyarakat.

Mengingat kompleksnya masalah penyakit kusta saat ini di Papua khususnya di Kabupaen Biak Numfor, maka Yayasan Vlinder Papua berupaya membantu dalam program pengendalian secara terpadu dan menyeluruh melalui strategi yang sesuai dengan endemisitas penyakit kusta serta memperhatikan aspek rehabilitasi medis dan rehabilitasi social ekonomi untuk meningkatkan kualitas hidup orang yang mengalami kusta di Kabupaten Biak Numfor.


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.